Saturday, February 21, 2009

Belajar dari Kegagalan.


Mark Twain pernah mengatakan "tidak ada pemandangan yang lebih menyedihkan daripada seorang pesimis muda" pernyataan ini di benarkan oleh Anthony Robbins dalam bukunya Unlimited Power. Orang yang percaya kepada kegagalan itu hampir dijamin biasa - biasa saja keberadaannya.


Kegagalan adalah sesuatu yang pokoknya tidak di persepsikan oleh orang -orang yang mencapai kebesaran.Mereka tidak terpuruk oleh kegagalan. Mereka tidak melekatkan emosi -emosi negatif kepada sesuatu yang tidak efektif.


Kalau kita renungakan perjalanan hidup kita selalu diliputi irama turun naik,berhasil dan tidak berhasil,sukses dan bangkrut,kemudahan dan kesusahan dan sebagainnya, saya sendiri dan juga anda saya yakin pernah mengalaminya.


Kalaulah ada orang yang mengklaim bahwa hanya dirinya saja yang mengalami kebangkrutan,ketidak beruntungan dan mengangapnya bahwa hal itu sebagai kegagalan permanen maka hal itu mungkin bisa dikatakan keyakinan keliru,karena pada kenyataannya banyak orang yang mengalami kegagalan,bahkan ada yang bertubi - tubi yang pada akhirnya berhasil.


Apakah kegagalan yang pernah kita alami sedemikian berat,dan berkali - kali ?


Saya persilahkan anda membandingkan kondisi anda sendiri dengan tokoh yang satu ini yang telah mengalami gagal 10 kali, mungkin anda bisa menebaknya ?


1.Gagal dalam bisnis usia 21 tahun.

2.Kalah dalam pencalonan legislatif pada usia 22 tahun.

3.Gagal lagi dalam bisnis pada usia 24 tahun.

4.Mengatasi kematian kekasihnya pada usia 26 tahun

5.Mengalami kekacauan syaraf pada usia 27 tahun.

6.Kalah dalam pencalonan kongres pada usia 34 tahun.

7.Kalah dalam pencalonan kongres pada usia 36 tahun.

8.Kalah dalam pencalonan senat pada usia 45 tahun.

9.Gagal dalam upayanya menjadi wakil presiden pada usia 47 tahun.

10.Kalah dalam pencalonan senat pada usia 49 tahun.

11.Terpilih menjadi Presiden Amerika pada usia 52 tahun.


Dia adalah, Abraham Lincoln.
Mungkinkah ia menjadi presiden seandainya ia memandang
kejadian - kejadian dalam hidupnya itu sebagai kegagalan?... kecil kemungkinannya bukan?.


Tokoh lainnya yang mungkin anda kenal Thomas Edison, setelah ia mencoba 9,999 kali untuk menyempurnakan lampu pijarnya dan belum juga berhasil,seseorang bertannya kepadanya apakah anda mau gagal 10.000 kali? ia menjawabnya ,saya bukan gagal,hanya saja saya temukan satu cara lagi yang kurang efektif untuk membuatlampu pijar. Ia telah menemukan bagaimana tindakan tindakan yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda.


Buckminster Fuller pernah menulis, "Apapun yang pernah di pelajari manusia itu dipelajari sebagai konsekuensi semata dari pengalaman coba-coba.Manusia belajar lewat kesalahan,terkadang kita belajar dari kesalahan kita terkadang dari kesalahan sesama.


Dalam buku Unlimited Power, menyarankan pada kita meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan lima yang anda sebut "kegagalan terbesar" dalam hidup anda.
Apakah yang anda pelajari dari pengalaman tersebut? ....Kemungkinan besar kelima nya itulah "pelajaran paling berharga" yang pernah anda petik dalam kehidupan anda.



Semoga bermanfaat.....


No comments: