Thursday, September 20, 2007

KRITERIA PENGUSAHA MENURUT PARA AHLI

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Berbicara tentang Pengusaha,Usahawan,Entrepreneur atau apapun istilahnya,memang selalu menarik untuk disimak,bahkan di jadikan cita-cita bagi setiap orang yang ingin mencari kebebasan bekerja,bebas mewujudkan ide-ide,skill,hoby ,atau berbagai rencana yang selama mereka bekerja pada orang lain tidak pernah bisa mewujudkannya,dengan merubah diri menjadi entrepreneur maka dia menjadi orang bebas yang tidak terkukung oleh sistem aturan orang lain atau intansi dan perusahaan.

Mengelola usaha,Menjadi pengusaha sukses tentunya dambaan semua orang yang menekuni dunia usaha. Mencapai sukses harus melalui rintangan yang tidak ringan. Banyak di antaranya yang putus asa setelah gagal berulang kali dalam menekuni bisnisnya. Menjadi pengusaha memang tidak hanya cukup dengan bermodal nekat tapi harus dilengkapi dengan syarat2 lainya

Maka tidak heran kalau beberapa pakar mencoba meneliti apa sih yang di sebut pengusaha itu? bagaimana karakteristiknya....? sampai pada mental sekalipun mereka amati.

Untuk jelasnya apakah kita termasuk pada kriteria karakteristik seorang entrepreneur ? maka silahkan anda nilai diri anda sendiri seperti yang di jelaskan di buku The Essentials of Entrepreneurship karangan seorang profesor universitas Amerika yang sudah mengajar dan meneliti selama 45 tahun silahkan lihat disini.


Ada pun Kriteria usahawan menurut Ibu Siti Pringandari A Suprapto, staff pengajar MM UI entrepreneurship centre, adalah sebagai berikut:

1. Semangat kerja. Mencintai apa yang dikerjakan sehingga membuatnya terus berkarya menghasilkan prestasi-prestasi baru tiada henti. Ketika menghadapi halangan atau kegagalan, tidak putus asa dan justru belajar dari kegagalan.

2. Seorang pengusaha harus memiliki impian. Impian merupakan wujud dari visi dan misi seseorang dalam berkarya. Dengan mimpi pikiran akan terfokus dan memudahkan mencapai apa yang diinginkan

.3. Tegas dalam mengambil keputusan. Menunda pekerjaan merupakan kerugian bagi pengusaha. Kecepatan dalam mengambil keputusan yang tepat merupakan kunci keberhasilan dan keputusan harus diterapkan secara konsisten agar hasil yang diharapkan bisa segera terwujud.

4. Dedikasikan seluruh tenaga, waktu, dan pikiran untuk pekerjaan. Kadangkala seseorang harus bekerja sedikitnya 13 jam sehari dan tujuh hari semingggu agar impiannya segera terwujud.

5. Rinci. Pengusaha harus bisa memperhatikan hal yang detail dari proses produksi usahanya dan tidak bersikap masa bodoh. Dengan demikian, ia bisa mengetahui kendala yang dihadapi dan cara mengatasinya. Ia juga tidak mudah dibohongi bawahannya.

6. Tidak menggantungkan hidup pada nasib. Yang menentukan apa yang ingin Anda kerjakan dan hidup Anda tidak ditentukan oleh atasan melainkan diri sendiri adalah Anda sendiri.

7. Dana. Menjadi kaya bukan tujuan utama seorang wirausahawan. Uang hanya ukuran keberhasilan. Bila sukses uang akan datang dengan sendirinya.

8. Bagi-bagi. Kepemilikan usaha dibagikan kepada karyawan karena tanpa mereka bisnis tidak akan berjalan. Karena itu, karyawan harus diperhatikan agar ada rasa memiliki terhadap perusahaan.

9. Memiliki etika moral. Pengusaha sukses selalu memiliki moralitas yang baik dalam menjalankan bisnisnya. Moralitas ini menjadi penting karena berfungsi sebagai kendali diri agar tidak terjebak pada praktik bisnis yang menghalalkan segala cara.

10. Mampu belajar dan mendengarkan. Pengusaha harus terus belajar dan mendengarkan masukan dari orang lain, tidak bergantung pada bakat alam. Berbagai ajang diskusi seminar, sekolah, konferensi menjadi tempat baginya untuk terus mengasah pengetahuan di bidangnya.

11. Rencana bisnis. Seorang pengusaha selalu memiliki rencana bisnis yang akan dikembangkan. Penyusunan rencana bisnis ini penting sebagai arahan dalam mencapai tujuan perusahaan. Ketika menyusun rencana bisnis biasanya seorang pengusaha melibatkan konsultan bisnis profesional.

12. Hasil terbaik. Pengusaha sukses selalu ingin mencapai prestasi terbaiknya. Prestasi itu akan menjadi kepuasan tersendiri yang sulit diganti apa pun.

Semoga bermanfaat..............

1 comment:

grosir said...

salam
kami dari Grosir Baju Anak online menawarkan sebuah peluang usaha bagi Anda diseluruh wilayah Indonesia.
Dengan modal ringan, margin keuntungan bisa lebih dari 50% dan perputaran modal cepat.
Kami menyediakan berbagai model baju anak dengan bahan berkualitas namun harganya super murah, langsung dari pabrik.
Harga berkisar dari Rp. 5000 s.d. 12.000 saja. Dengan modal terjangkau Anda sudah dapat membuka grosir baju anak di rumah Anda. Info lebih lengkap silakan kontak ke 081808427705 atau kunjungi website kami di http://grosirbajuanak.kassa9.com