Wednesday, September 19, 2007

ALASAN KUAT UNTUK MEMULAI BISNIS

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Sebelum kita terjun ke dunia entrepreneur atau dunia bisnis maka sangat diperlukan alasan yang kuat untuk terjun ke bidang ini.

Mengapa?

Jawabanya adalah bisnis adalah dunia 50:50 persentase perbandingan antara berhasil dan gagalnya ,maka tak heran kalau banyak motivator mengatakan untuk memasuki dunia kewirausahaan ini, sebelum terjun harus siapkan mental "berani gagal dan berani sukses".

Kalau berani sukses saya kira setiap orang pasti berani, walaupun dalam menyikapinya harus berhati-hati, maksudnya dikala dia menikmati sukses menurut versinya, jangan lantas terlena dan terbuai sehingga dia lupa berinovasi,berkreasi,ekspansi dan merasa puas dengan kesuksesannya yang sekarang,yang ujung-ujungnya malah hal ini menggiring dia pada kebangkrutan karena tidak sanggup berkompetisi.

Lantas bagaimana dengan "berani gagal".... hal inilah yang pada umumnya ditakuti dan dikhawatirkan oleh pemula,karena takut gagal inilah mereka tidak pernah memulai untuk berwirausaha. Mungkin saja mereka banyak ide-ide bisnis,modal ada,pengetahuan tentang bisnis sudah dibaca dari beberapa referensi buku, tetap saja kalau konsep berani gagal ini tidak bisa dilalui memulai, bisnis pun tidak akan terwujud.

Kembali kejudul diatas tentang apa alasan kuat kita dalam memulai bisnis? ini sangat penting,karena alasan yang kuat itulah yang akan menjadikan kita tetap survive dikala bisnis kita diterpa gelombang persaingan,krisis dsb. dan kita akan terus berusaha maksimal dan berkreasi bagaimana kita bisa mencapai tujuan dan cita-cita kita serta mencapai kesuksesan dalam bisnis itu sendiri.

Sebelum memulai bisnis, temukan alasan kuat anda kenapa anda ingin terjun ke dunia bisnis ? silahkan anda renungkan sendiri alasan anda..!

Sebagai gambaran tentang alasan kuat berbisnis yang umumnya yang dimiliki oleh beberapa wirausahawan, seperti...

1. Alasan Ekonomi
2.Keterpaksaan karena di PHK.
3.Menyalurkan ide atau hoby/keahlian.
4.Jenuh menjalani rutinitas sebagai karyawan walaupun gaji besar.
5. Kebebasan/mandiri (tidak mau diatur oleh aturan kerja /orang lain)
6. Karena Agama (contohnya tempat kerja dia sekarang tidak sesuai dengan syariat agama yang dianutnya sehingga menimbulkan konflik bathin)
7.Ingin lebih dekat dengan keluarga.

Itu adalah hanya beberapa contoh dari sekian alasan, yang setiap orang mempunyai alasan yang berbeda dan lain dari yang lain karena disesuikan dengan kedaan mereka saat itu..

Nah... dari 7 poin alasan diatas, saya tertarik pada poin yang ketujuh yaitu memilih bisnis karena ingin lebih dekat dengan keluarga.

Di jaman sekarang ini baik diluar negri seperti Amerika maupun di indonesia,para ibu yang sudah mencapai karier dalam dunia kerja mulai beralih ke bisnis untuk alasan dekat dengan keluarga begitu juga di Amerika yang menurut buku The Essential of Enterpreneurship dikatakan bahwa kecenderungan wanita karier Amerika beralih menjadi business woman yang menjadikan rumah sebagai tempat berbisnis (Home based business).

Mereka memulainya berlandaskan keinginan dekat dan bisa mengawasi anak-anaknya sementara aktifitas,ide,kreatifitas mereka tetap tersalurkan, bahkan sudah banyak contohnya dari bisnis rumahan ini malah menjadikan mereka seorang pebisnis yang sangat mapan yang menghasilkan income jauh melebihi pada saat dia bekerja.

Untuk memberikan ilustrasi lebih dalam dan bisa dijadikan renungan,pelajaran dan hikmah bagi kita, terutama bagi orang tua dan ibu-ibu yang super sibuk bekerja mengejar karir sementara anak-anaknya kehilangan kasih sayang. Silahkan simak kisah nyata yang mengharukan dari Pak Ade rekan saya dari Serang Banten .

Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi.

No comments: