Sunday, September 23, 2007

MODAL USAHA

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Berbicara tentang modal usaha dalam memulai suatu usaha kadang menimbulkan persepsi tersendiri bagi orang yang berniat dan akan melangkah ke dunia wirausaha, dan umumnya modal inilah yang dijadikan alasan untuk menunda bahkan halangan bagi orang untuk terjun kedunia entrepreneur, berbagai alasan akan kita jumpai kalau anda suatu saat bertanya pada orang yang sedang mencari pekerjaan atau menganggur bertahun-tahun bahkan pada orang yang sudah punya modal tapi masih belum memulai usahanya ..... apa umumnya jawaban mereka?

Jawabanya adalah "saya belum punya modal" atau sedang menunggu modal ngumpul dulu ada juga yang mengatakan untuk memulai usaha perlu modal besar , dan masih banyak lagi respon yang berbeda alasanya.

Bicara tentang besarnya modal dalam memulai usaha dan apa definisi yang disebut modal usaha itu sendiri? dan apakah betul perlu modal yang besar?

Mari kita bahas satu persatu pertama tentang besarnya modal untuk memulai usaha...

Dalam blog ini saya melakukan polling tentang berapa jumlah modal yang diperlukan dalam memulai usaha pada rekan usahawan yang sudah memiliki dan menjalani bisnis dan polling ini akan berakhir 7 hari lagi dari sekarang. (Saya ucapkan terimakasih pada rekan2 usahawan yang sudah berpartisipasi) , Data hasil polling itu adalah sebagai berikut:

1). Memulai usaha dengan modal 1 jt - 20 jt.......74 %
2)Memulai usaha dengan modal 20 jt - 50 jt .....11 %
3)Memulai usaha dengan modal 50 jt - 100 jt....0%
4).Memulai usaha dengan modal 100 jt - 300 jt...3%
5) Memulai usaha dengan moodal >300 jt......... 3%

Dari data diatas sangat terlihat kontras perbedaanya walaupun polling ini dalam area yang kecil dan random tapi bisa digunakan sebagai sampel dan dapat disimpulkan bahwa umumnya mereka memulai usaha dengan modal dibawah 20 juta.(74%)

Jadi kalau anda sekarang punya modal 1 juta,2,jt ,10 juta dst atau bahkan kurang dari itu kenapa tidak memulai usaha?... sekarang pertanyaannya bagaimana kalau anda punya modal kurang dari satu juta misalnya?

Untuk menjawab pertanyaan ini maka akan saya berikan contoh kisah real yang memulai usaha bahkan nyaris tanpa modal,dan berhasil dalam waktu relatif singkat sehingga mampu membeli ruko,mudah-mudahan ini menjadi motivasi dan inspirasi buat kita untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini.

Nah sekarang kita masuk pada sesi pertanyaan kedua, apa yang disebut dengan modal usaha itu sendiri, apakah benar kita tidak punya modal sama sekali? apakah yang dimaksud modal usaha itu hanya berbentuk uang atau materi saja ? silahkan gali potensi anda masing untuk jelasnya silahkan klik disini

Semoga bermanfaat...selamat mencoba dan berwirausaha...

No comments: