Monday, September 24, 2007

GAGASAN TANPA BATAS


Majalah Life menggelarinya sebagai manusia nomor satu di millenium ke dua. Jumlah barang yang berhasil diciptakanya membuat orang menahan nafas, 1.093 buah !!! ia mematenkan penemuannya lebih banyak dari siapapun di dunia ini.


Dia adalah Thomas Alfa Edison, banyak orang mengakui Edison memiliki kreativitas seorang jenius. Tapi ia menamakannya sebagai kerja keras adalah 99% dedikasi dan 1 % inspirasi.


Thomas Alfa Edison adalah seorang optimis yang bisa melihat hal terbaik dalam segala sesuatu. Ketika membutuhkan 10 ribu kali percobaan untuk mencari bahan yang paling tepat untuk membuat bola lampu, ia tidak memandangnya sebagai kegagalan.


"Kebanyakan dari hidup yang gagal adalah orang 2 yang tidak menyadari seberapa dekatnya mereka dengan kesuksesan pada saat mereka menyerah". Mungkin peristiwa yang paling mencatat sikap positif Edison berasal dari bagaimana ia memandang suatu kejadian tragis pada saat umur 67 tahun.Labolatoriumnya yang dibangunya di west orange,New jersey, terdiri dari 14 bangunan dan disebutnya sebagai "pabrik ide". Bangunan utamanya sangat megah,berukuran 3 kali lebih luas dari lapangan sepak bola.Bangunan itu menjadi model bagi pusat penelitian dunia dan edison sangat menyukai tempat itu.


Tapi pada Desember 1914,labolatorium itu dilalap api, saat ia berdiri diluar dan memperhatikan api menghabiskan gedung kebanggaanya, puluhan saksi mata melihat ia berkata " Nak lekas jemput ibumu,ia tidak akan pernah melihat api sebesar ini lagi "


Kebanyakan orang akan hancur oleh insiden serupa, tapi bukan Edison kalau menyerah begitu saja, "Aku berumur 67 tahun,tapi belum terlalu tua untuk memulai yang baru. Aku telah banyak melalui peristiwa semacam ini". Kemudian ia membangun lab nya kembali dan tetap bekerja selama 17 tahun berikutnya. "Aku memiliki gagasan yang tidak terbatas, tetapi waktu yang terbatas " komentarnya. Ia meninggal pada usia 84 tahun. (sumber: "Success one Day At a time" by John C.Maxwell)


Semoga kisah ini bisa dijadikan pelajaran dengan mengambil hikmah,motivasi,inspirasi,kegigihan jiwa optimis, pantang menyerah dan sebagainya.
Dari cerita ini juga bisa untuk di terapkan dalam dunia bisnis sehingga kalau kita pernah mengalami kegagalan sekali, duakali bahkan ada yang lebih dari itu dalam berbisnis itu bukan akhir dari segalanya yang menjadikan putus asa. Tapi bangkit lagi dan terus bangkit sampai kita menemukan celah kesuksesan dan ingat kata Mr Edison kalau kita menemukan kegagalan dan terus dicoba lagi berulang-ulang untuk menemukan solusinya, berarti kita sudah semakin dekat kepintu sukses.


Semoga bermanfaat......dan Sukses selalu....

No comments: