Saturday, January 3, 2009

Usaha Bangkrut?


Apakah anda pernah bangkrut dalam merintis usaha?

Kalau jawaban saya sendiri, Saya pernah bangkrut ketika usaha makanan saya (cafe) sudah memiliki 3 cabang.
Lalu bagaimana dengan anda? saya yakin jawabannya rata - rata pernah mengalaminya,walaupun ada sebagian kecil orang yang memulai usaha langsung sukses.

Tetapi ada juga orang yang dijamin 100% Guarantee tidak akan bangkrut usaha.

Siapa mereka?

Jawabannya adalah Orang yang tidak pernah mencoba memulai usaha ) :



Ada banyak pembahasan tentang tips menghadapi kesuksesan,tetapi sama pentingnya dalam menyiapkan sejumlah hal untuk menghadapi kegagalan.

Billi PS lim, pengarang buku Dare to fail,Motivator kelas dunia yang berasal dari malaysia pernah menanyakan pada peserta seminarnya, tentang satu masalah menarik " Mengapa orang akan tenggelam apabila jatuh ke air?

Berbagai jawaban diberikan tetapi yang paling sering adalah, "Karena dia tidak dapat berenang"

yang hadir heran,karena Lim menyalahkan jawaban itu. Yang hadir mengira,Lim bercanda. Untuk meyakin mereka Lim memberi contoh kejadian tenggelam di air sedalam 3 inci. Akhirnya ia memberikan jawabannya,yang akan ia berikan kepada anda sekarang.

"Orang tenggelam karena dia menetap disitu dan tidak menggerakkan dirinya ke tempat lain"

So? Berapa kali orang jatuh tidak jadi soal. Yang penting kemampuannya untuk bangkit kembali setap kali jatuh (bangkrut).

Jangan mengukur seseorang dengan menghitung berapa kali jatuh,ukurlah ia dengan beberapa kali ia bangkit kembali. seseorang yang mampu bangkit kembali setelah jatuh,tidak akan putus asa. Menyedihkan ,mendengar bahwa banyak orang seperti mereka,setelah sekali dua kali gagal,memilih untuk menetap disitu ( berhenti) tidak berusaha lagi akhirnya mati sebagai orang sebenar- benarnya gagal tersungkur tidak bangkit lagi.

Seperti Thomas Alfa Edison, saat ditanya, bagaimana ia bisa bertahan setalah ribuan kali gagal? lantas bagimana jawaban penemu bola lampu dan pendiri perusahaan General Electric ini?

" Saya tidak gagal,tetapi menemukan 9994 cara yang salah dan hanya satu cara yang berhasil. Saya pasti akan sukses karena telah kehabisan percobaan yang gagal ".

Lalu....bagaimana kalkulasi jumlah besarnya modal hubungan dengan frekuensi potensi bangkit dari kegagalan?.

Jelasnya sebagai berikut, Kalau anda baru akan memulai usaha dan anda punya modal katakanlah 100 juta. Maka untuk meminimalkan resiko bangkrut total maka harus di mulai dengan modal yang kecil dulu misalnya 25% dari total modal = 25 juta itu artinya anda bisa bangkit 3 x lagi dari kegagalan sampai akhirnya berhasil,kalau 10 juta investasinya maka = anda bisa 9 x lagi bangkit dari kegagalan.dst.semakin banyak bangkit semangkin dekat anda dengan kesuksesan.


Semoga menjadi inspirasi dan bermanfaat.....