Saturday, January 3, 2009

Kredibilitas


Ada suatu pertanyaan dalam suatu forum yang menurut saya bisa dijadikan suatu permisalan yang bisa" menempel di otak kita" tentang arti suatu kredibilitas,trust atau kepercayaan orang lain terhadap kita. Pertanyaan itu adalah..


Kita tahu Bill Gates adalah salah satu orang terkaya di dunia yang dikenal dengan perusahan Microsoft nya dan dia kenal baik dengan Warren Buffet pakar investasi yang juga termasuk orang terkaya saat ini.(orang terkaya nomor 1 di tahun 2008 versi majalah forbes)


Bagaimana menurut anda seandainnya Bill Gates yang saat ini terkaya ke-3 di dunia itu bangkrut dan inventaris perusahaannya tak tersisa, Seandainya Bill Gates yang bangkrut itu minta bantuan modal pada sahabatnya Warren Buffet sebesar 50 miliar dollar untuk membangun perusahaannya kembali apakah kira-kira akan di kasih?


Saya yakin jawaban anda sama dengan saya, Dengan mudah Bill Gates pasti mendapatkannya, mengapa?


Uang 50 miliar dollar bagi Warren Buffet tidak seberapa dibandingkan dengan asetnya saat ini,semua orang tahu bahwa Bill gates adalah seorang entrepreneuer yang gigih dan teruji kreativitasnya,kredibilitasnya dan kemampuannya bangkit "from zero to hero" yang telah dibuktikannya pada perusahaan microsoft, seandainnya microsoft bangkrut bukan hal yang tidak mungkin bagi dia untuk bangkit kembali mendirikan perusahaan lain yang saat ini masih belum terpikir oleh kebanyakan orang tentang jenis perusahaan apa lagi yang akan di bangunya?


Dari gambaran diatas dapat disimpulkan bahwa:


Modal paling utama atau aset utama kita adalah diri kita sendiri, Apakah kita termasuk orang yang dapat dipercaya? kredibel ,kreatif,inovatif dsb, minimal kita dipercaya oleh teman2 kita,partner bisnis, atau bahkan oleh keluarga kita sendiri. Kalau kita sendiri suka berbuat tidak jujur,tidak menepati janji, tidak bisa jaga komitment saya yakin jangankan kita pinjam ratusan juta bahkan miliaran, ratusan ribu saja pinjam pada orang terdekat kita belum tentu akan diberi.


Begitu juga dengan usaha, Suatu usaha akan dipercaya oleh investor kalau si pemilik usaha tersebut kredibilitasnya sudah dikenal dan teruji, setelah itu baru sang investor akan melihat pada jenis usaha apa yang di kelolanya, apakah mempunyai system yang bagus, berpotensi dan profitable?


Kalau kedua komponen itu ada, saya yakin masalah modal usaha atau OPM (Others people money) untuk mengembangkan bisnisnya akan mudah didapat.



Semoga Bermanfaat............


No comments: