Tuesday, March 25, 2008

Memfokuskan Tujuan (goal)



Apakah anda dalam memfokuskan tujuan (goal) sudah spesifik?....


Atau malah kebanyakan tujuan sehingga tidak fokus?....



Demikian halnya dengan saya, jujur saja sering mengalami hal ini, sehingga target yang saya tentukan pada akhirnya tidak tercapai.

Ada pernyataan Dr.Dale Carnegie yang ada hubungannya dalam menentukan goal yang bisa dijadikan acuan, "Kebanyakan orang tidak sukses karena tidak memiliki tujuan yang di definisikan secara jelas dan sebagian orang gagal mencapai kemajuan karena memiliki tujuan yang sangat banyak".


Kalau anda sekarang mempunyai banyak tujuan seperti saya, kata Michael Materson,"anda tidak akan dapat mencapai semuanya jika anda tidak mempersempit dan memprioritas tujuan itu,anda mungkin tidak dapat mencapai satupun darinya".

Apa maksudnya?

Materson memberikan contoh tentang dirinya yang memiliki banyak tujuan pada awalnya, dia ingin menjadi pengarang novel,humanis,guru, penyair,filsuf dan juga ingin menjadi orang kaya.Saya butuh beberapa hari untuk mempersempit daftar tujuan itu menjadi 3 katanya , sehingga dia dapat mempersempit lagi menjadi 1 tujuan dengan susah payah, akhirnya dia memilih prioritas tujuannya yaitu "menjadi orang kaya"!

Untuk hal ini ada tips dari Dr.Dale carnegie " bahwa cara yang paling baik untuk menjamin anda dapat memenuhi suatu tujuan, adalah dengan menjadikannya prioritas nomor satu

Prinsif dasar seperti di jelaskan di buku Seven years to seven figures, adalah memiliki hidup yang penuh dan seimbang,hidup yang tidak hanya meliputi pekerjaan,tetapi teman,keluarga dan keterlibatan pada masyarakat,hal ini berati anda harus memikirkan setidaknya 4 katagori saat menetapkan tujuan:

1.Kesehatan Anda
2.Kekayaan anda
3.Kehidupan sosial anda
4.Kehidupan pribadi anda

Tujuh tahun dari sekarang misalnya anda mungkin ingin:

1. (Kesehatan) anda ingi dapat mempertahankan kondisi kesehatan atau berat badan seperti usia ketika masih usia SMA dulu.

2.(Harta)Mencapai kekayaan bersih senilai miliaran rupiah.

3.(Sosial) Menjadi kepela organisasi,ketua Rt,Camat atau Bupati dst.

4.(Pribadi) Menulis buku,novel pertama anda.

Semua itu adalah tujuan yang dapat anda raih dan ambisius, jika anda memberikan proporsi prioritas yang sama,anda tidak akan sekses sepenuhnya,anda mungkin bisa jadi kepala Rt,Organisasi bahkan walikota, berat badan anda ideal dan berusaha keras menulis buku atau novel tetapi anda meesa kecewa dengan pencapaian kemakmuran/kekayaan anda.

Hanya ada satu cara menurut Michael Masterson, agar anda benar-benar yakin mencapai tujuan anda misalnya untuk mencapai kekayaan 10 - 12 digits selama tujuh tahun, maka... anda harus menjadikannya sebagai prioritas yang paling utama.

mm..Jadi teringat kata-kata dahsyat yang saya pasang di blog ini

"Set your goals high,and don't stop till you get there"

Nah sekarang silahkan anda renungkan sendiri kondisi anda sekarang dalam memfokuskan tujuan,apakah tujuan anda ingin menjadi usahawan kaya , karyawan,konsultan dsb. Kalau anda memilih jadi usahawan maka usaha apa yanga akan anda pilih sebagai prioritas utama? dibidang jasa,garment,komputer,makanan,automotive ataukah pertanian dan perikanan?

Semoga bermanfaat......

No comments: