Thursday, November 15, 2007

INVESTASI EMAS UNTUK KEAMANAN


"Menaruh telor jangan dalam satu keranjang !", kalimat tersebut memang ada benarnya kalau dihubungkan dengan teori investasi.

Bebicara investasi yang akhir akhir ini marak dibahas,dikupas,diburu bahkan yang sedang di elu-elukan saat ini adalah property,karena memang terbukti sangat menguntungkan khususnya property yang letaknya strategis, ada juga saham,Danareksa,option dsb..memang tidak ada salahnya ......dan tidak salah juga kalu kita coba investasi lainnya, apa lagi yang jelas stabil dan dipercaya berpuluh bahkan beratus ratus tahun dalam berinvestasi.

Tapi tahukah anda bahwa investasi dalam bentuk Emas yang selama ini kita jarang membahasnya, bahkan tidak pernah berfikir untuk berinvestasi di jenis logam mulia ini, padahal sangat prosfektif dimasa datang? dan bahkan emas dikatagorikan sebagai musuhnya dolar,makanya tidak heran beberapa tahun yang lalu kebijaksanaan di Amerika serikat pernah memperketat kepemilikan emas,dan yang baru-baru ini terdengar pemerintah China sedang gencar2 nya mempromosikan dan berinvestasi di emas dalam jumlah besar supaya China bisa lepas dari cengkraman dolar,hal ini yang membuat Amerika khawatir dan ketakutan akan nasib uang dollarnya dimasa depan..

Mungkin diantara pembaca ada yang menjawab, "ia memang menguntungkan tapi investasinya sangat lambat", apa memang demikian?.. mari kita buktikan dan bahas bersama-sama.

Emas sudah terbukti sejak jaman dahulu kala merupakan alat untuk investasi yang aman dan stabil dan sampai sekarang pun juga demikian
coba saja kalau kita bertanya pada orang -orang tua kita bagaimana mereka berinvestasi dan menaruh hartanya? jawabanya pasti Emas, cuman pada masa kita sekarang ini karena banyaknya sarana ber investasi seperti property,saham,option dll ,berinvestasi di emas kesannya tradisional dan lambat.

Pada saat masa krisis di indonesia harga dolar menjulang tinggi bahkan sampai Rp.16.000/ USD kemudian menurun kembali sampai level Rp.7000 - 8000, dan sekarang bertengger di angkaRp. 9.100./USD, nilai mata uang terbukti selalu fluktuatif dari waktu kewaktu, dan pada masa krisis ekonomi seperti ini boleh dikatakan emas sebagai penyelamat investasi karena nilainya stabil dan terus menanjak naik dengan pasti. Tidak percaya? coba kita renungkan kembali pada saat krisis berapa tabungan kita di bank dan kita bandingkan, berapa harga emas saat krisis atau beberapa tahun yang lalu per 1 gramnya,dan sekarang harga emas berkisar Rp.220 ribu/gram yang baru beberapa tahun yang lalu masih 90-100 ribu per gramnya.

Trend emas dari dulu sampai sekarang selalu naik harganya. Kenaikan terhebat terjadi sejak 2001. Sementara banyak mata uang kertas lain pada babak belur, emas selalu meroket di depan. Seberapa besar? Tak seorang pun yang bisa menebaknya, tapi kenaikan bisa terjadi setiap saat, dan jumlahnya sangat besar dibandingkan deposito.Pernah ada interview keluaran Oktober 2003, diperkirakan 10-12 tahun yg akan datang dari 2003 itu, harga emas sekitar $8000 per troy ounce. Itu artinya kalo di lihat dari sekarang, itu tahun 2013-2015, tidak terlalu lama dari 2007 . Saat ini di bloomberg, harga emas sekitar $660 per troy ounce. Itu artinya jika invest emas katakanlah Rp 200 juta (2007), maka tahun 2013-2015 kelak akan memiliki emas senilai Rp 2,2 milyar alias kenaikan 1112%. Deposito bahkan reksadana dan ORI skalipun tidak bisa menyaingi angka itu.

Kemampuan centralbank termasuk BI dalam memanipulasi nilai uang tak diragukan lagi, tapi tidak untuk emas. Emas 60 tahun bisa dipakai buat beli minyak saat ini, dan jumlah emas nya tidak berubah. Sedangkan dollar 60 tahun gak bisa beli minyak saat ini dgn jumlah yg sama, artinya dollar collaps.

Nah itu hanya sebagian kecil dari keuntungan ber investasi di emas yang saya ambil dari berbagai referensi. Sementara kalau kita tertarik investasi di emas maka pilihlah emas coin atau batangan karena harga jualnya tidak akan menurun, dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan,karena tepotong biaya pembuatan,yang tidak dihargai ketika di jual kembali,atau karena model yang sekarang berubah dibandingkan dengan model saat dibuatnya yang berdampak pada harga yang lebih murah dari model yang lebih trendy.

Dimana kita membeli Emas batangan atau coin? anda bisa mendapatkan di Logam Mulia atau tempat2 penjualan emas khusus.

Emas batangan dan Koin bisa di beli di Divisi Logam Mulia dari PT. Aneka Tambang dengan alamat
Jl. Pemuda - Jl. Raya Bekasi Km. 18Pulogadung, Jakarta 13010Ph. (62-21) 475 7108 (hunting),Direct marketing (62-21) 478 65492, 478 65948Fax. (62-21) 475 0665

Supaya anda lebih yakin tentang peluang investasi emas ,maka saya hadirkan artikel lainnya tentang Investasi Emas anda bisa klik dibawah ini .......selamat berinvestasi semoga bermanfaat.

1.Emas sebagai penangkal inflasi
2.Investasi Emas kian berkilauan
3.Keuntungan investasi Emas
4.Tips investasi Emas
5.Bank syariah mandiri targetkan investasi Emas
6.Cabang-cabang investasi
7.Coin Emas layak dijadikan investasi
8.Bukti kenaikan harga emas yang fantastic.

3 comments:

WURYANANO said...

Tulisan bagus nih, Mas Fajri.

Investasi Emas di jangka panjang, bisa jadi memang lebih aman dibandingkan dengan investasi Property ya.

Asyik juga, saya tak nabung emas batangan aja deh...kalau sudah tepat waktunya.

Salam,
Wuryanano

Ary Prasetyo said...

saya pernah melihat panduan berinvestasi emas di

http://KebunEmas.com/?id=invest_emas

cara2nya dahsyat, bahkan kita akan punya kebun emas sendiri...

denis sumaryadi said...

Thans Infonya gan , Agan Juga bisa mampir di blog ane lumayan nih ada Majalah Gratis Edisi Terbaru Sebagai Suplemen Trading Agan, silangkan langsung meluncur ke TKP : http://tradingsmartfx.blogspot.com/2014/01/im-trader-magazine-third-edition-jan.html

Belajar trading gratis : http://www.foreximf.com/goto/dns