Monday, September 3, 2007

JANGAN TERLENA FASILITAS..!



Setinggi tingginya bangau terbang akan kembali kesarangnya ,mungkin anda pernah dengar pribahasa tentang bangau tersebut hal ini mengingatkan saya pada orang yang bekerja di negri orang seperti,Eropa,Amerika,Timur Tengah,Australia dan berbagai belahan dunia lainnya, saya yakin sebaik apapun fasilatas disana,jaminan hidup dan sebagainya tetap saja rindu tanah air tidak akan terelakan dan pasti akan mengalaminya yang pada akhirnya kembali juga ke tanah air.

Tinggal menetap dan bekerja di luar negri memang berbagaimacam motif dan tujuannya, ada yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup/ekonomi dengan memburu gaji besar,ada juga karena alasan untuk melanjutkan study,bisnis,minta perlindungan suaka,atau karena alasan politik yang di negrinya tidak aman dan hal-hal lainnya.

Dari sekian banyak motif dan tujuan kenapa orang keluar negri, saya akan membatasi dalam hal ini membicarakan tentang orang "yang bekerja" untuk mendapatkan gaji dan hidup layak.Karena type perantau ini yang banyak saya jumpai dan umumnya mereka merasa "puas" dengan fasilitas-fasilitas kemudahan serta gaji besar dalam bentuk dolar dan mata uang asing lainnya, justru anehnya mereka terlanjur terbuai sehingga lupa investasi di negrinya bahkan tidak ada hasrat untuk berbisnis dan hidup mandiri karena sudah terbuai zona aman......yang pada akhirnya mereka bertahun-tahun tinggal di negri orang dan sangat takut untuk resign dari pekerjaannya yang sekarang. Mereka berpendapat hidup di indonesia pasti susah,serba tidak teratur,harga kebutuhan yang berfluktuatif ditambah lagi masalah politik atau gejolak keadaan seperti demo,kerusuhan,bencana alam yang sering terjadi termasuk kenaikan harga seperti minyak,bensin listrik pun mennjadi perhatian mereka, semua informasi tersebut sangat mudah didapatkan internet dan dari siaran TV satelit yang disiarkan live dari tanah air ketika terjadi setiap insiden disana. ditambah lagi takutnya mereka kembali ketanah air karena life style mereka akan berubah, atau karena pendapatan mereka akan jauh berkurang yang lebih parah lagi mereka beranggapan takut tidak mendapat pekerjaan yang layak dengan gaji sesuai harapan mereka, itulah kenyataan dan dilema bagi seorang perantau.

Dari kenyataan diatas telah banyak contoh orang yang awalnya makmur serba berkecukupan dengan fasilitis kemudahan dimasa muda diperantauan tetapi berujung pada hidup yang kebalikannya disaat pensiun dan kembali ketanah air.

Hidup kita adalah pilihan,tergantung kita menjalaninya bagaimana menyikapi takdir dan sejauh mana kita berusaha merubah nasib itu sendiri.Kalaulah anda termasuk orang yang lebih betah di negri orang dari pada negri sendiri,itu syah-syah saja karena masing -masing individu mempunyai alasan sendiri,tapi jangan lupa suatu saat kita akan kembali ke negri sendiri dan tidak bisa dipungkiri seenak apapun hidup di negri orang yang beda kultur budayanya tidak akan bisa menggantikan negri sendiri karena kultur,budaya dan sosial masyarakat telah mendarah daging sejak kita dilahirkan sampai tumbuh dan berinteraksi didalamnya.

Dimanapun anda bekerja saat ini persipkanlah dan putuskanlah kemana rencana anda akan kembali,tetap di negri orang (pindah kewarganegaraan) atau akan pulang ke negri tercinta?


Kalau jawabanya yang terakhir, mulailah investasi dari sekarang,start ber bisnis sebelum anda pensiun, faktor jarak itu bukan masalah,banyak cara dan jalan untuk melalui itu semua.Jaman sekarang ini bukan masalah anda tinggal dimana sementara bisnis dan investasi anda ada di indonesia ,sejauh anda menemukan jenis investasi yang tepat dan handal,dan orang yang dipercaya. Manfaatkan kekuatan pendapatan dolar anda,pengalaman serta keahlian yang didapat dari negri orang sebagai modal kuat untuk investasi dimasa datang.


Mari berwira usaha..jadilah kita pencipta lapangan kerja dan bukan pencari kerja. karena salah satu perbedaan karyawan dan usahawan adalah, karyawan lebih cenderung memikirkan dirinya sendiri sementara usahawan harus memikirkan karyawan yang bekerja pada dirinya.... semoga kita menjadi bagian dari orang yang bermanfaat bagi sesama dan bisa menyumbang walau sedikit untuk kemajuan negara.


Semoga bermanfaat...............

No comments: