Wednesday, August 15, 2007

* SAAT MENGERIKAN BAGI SEORANG KARYAWAN *

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Salah satu hari yang mengerikan dalam hidup saya adalah adalah ketika saya berhenti bekerja dan secara resmi menjadi entrepreneur. Pada hari itu saya tahu bahwa tidak ada lagi gaji tetap,tidak ada lagi asuransi kesehatan atau rencana dana pensiun,tidak adalagi hari libur karena cuti atau sakit.

Pada hari itu penghasilan saya menjadi nol.Rasa takut karena tidak memiliki gaji tetap merupakan salah satu pengalaman paling mengerikan yang belum pernah saya alami, yang terburuk dari semua itu,saya tidak tahu berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan sampai saya mempunyai gaji tetap lagi...mungkin bisa bertahun-tahun. Pada saat saya berhenti bekerja ,saya mengerti alasan sebenarnya mengapa banyak karyawan yang tidak tidak jadi entrepreneur,yaitu karena takut tidak punya uang.....tidak punya penghasilan yang terjamin...tidak mempunyai gaji tetap. Sangat sedikit orang yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama tanpa uang.. Tetapi seorang Entrepreuner berbeda,salah satu perbedaannya adalah kemampuan bertahan secara cerdas dan tetap waras tanpa uang.

Pada hari itu juga pengeluaran saya saya melonjak naik. Sebagai seorang entrepreneur saya harus menyewa,tempat usaha,kantor,gudang ,tempat parkir,membayar telpon,makanan,foto copy ,membyar perjalanan,alat-alat tulis,biaya pengiriman produk,brosur,surat dan lain-lain termasuk kopi untuk minum di kantor.Saya juga harus memperkerjakan sekertaris, akuntan,pengacara dan karyawan bagian pembukuan sampai dengan cleaning service. Semua itu adalah merupakan pengeluaran yang dibayar oleh atasan/perusahaan saya untuk saya.Saya mulai memahami betapa mahalnya memperkerjakan saya sebagai karyawan.Saya menyadari bahwa biaya untuk karyawan jauh lebih besar dibanding angka yang tertulis pada slip gaji mereka.

Jadi perbedaan lain antara karyawan dan entrepreneur adalah bahwa entrepreneur perlu tahu cara membelanjakan uang,bahkan kalaupun mereka tidak punya uang.

Anda tahu siapa orang yang curhat tentang hidupnya diatas?.......Saya yakin anda telah mengenal sosok nya yang sudah terkenal di seluruh dunia, dialah Robert Kiyosaki pengarang buku Rich dad Poor Dad,Saya merasa perlu mengutip sebagian tentang kisah proses bagaimana sosok Robert kiyosaki dalam buku terbarunya "before you Quite your Job".Ternyata seorang pengusaha ,motivator dan penulis terkenal sekelas Robert Kiyosaki pun mengalami hal-hal serupa yang telah dialami oleh mereka yang sudah resign dan telah menjadi FULL TDA (entrepreneur), atau bagi kita yang dalam proses untuk Resign untuk beralih kuadran dari karyawan menjadi usahawan.

Apakah sekelumit "true story" diatas malah menyurutkan langkah anda untuk menjadi usahawan?...

Saya yakin tidak,.....justru kita bisa mengambil pelajaran untuk terus melangkah dan melalui tahapan yang telah didahului oleh orang-orang sukses dalam hal finacial,dan juga kita bisa mepersiapkan lebih bijak bagaimana seharusnya kita mulai berhenti dan apa saja yang harus kita siapkan yang disesuaikan dengan kondisi kita dan andalah yang bisa menilainnya sendiri dimana posisi anda sekarang? dan ingat sekali lagi perbedaan seorang karyawan dan entrepreneur adalah "kemampuan bertahan secara cerdas dan tetap waras tanpa uang"


Semoga bermanfaat.....Sukses selalu.

No comments: