Monday, January 12, 2009

Dont give up !


Jangan menyerah !... kata kata yang sangat sering diucapkan sebagai kata motivasi untuk menguatkan seseorang yang sedang putus asa. Mungkin anda sendiri pernah membaca buku yang judulnya " Dont Give up ?, intinya kita di ajarkan untuk tidak mudah menyerah dan putus asa dengan keadan yang di hadapi, keterbatasan kondisi yang kita miliki tapi bangkitlah dengan potensi yang kita miliki.

Di negri kita sendiri banyak kasus mortalitas (kematian) yang disebakan karena "menyerah pada keadaan dan putus asa" dalam menghadapi kondisi ekonomi yang menghimpit,diantara mereka bunuh diri karena tidak mempunyai pekerjaan,atau dipecat dari karyawan,tidak sanggup memberikan makan keluarga dsb,seperti sering diliput di media televisi kita .



Haruskah sampai seperti itu?



Ada orang, yang saya anggap luar biasa yang mampu merealisasikan kata -kata " dont give up, jangan menyerah ,jangan putus asa dan kata- kata sejenis lainnya, kedalam realitas hidup nyata dan menguatkan tekadnya dalam menghadapi hidup dengan keterbatasan fisik nya, sampai dia mampu bangkit dari orang yang penuh keterbatasan fisik dan keterbatasan kesempatan itu, menjadi orang yang sangat luar biasa, yang mampu meng inspirasi ribuan orang bahkan jutaan orang di berbagai negara dengan, tekad bangkit yang tidak menyerah pada keadaan,tetap bersyukur pada yang dimilikinya serta memaksimalkan potensi yang dia miliki untuk meraih kesuksesan dan untuk menghancurkan kata "tidak mungkin " yang sebelumnya dia yakini.


Namanya Nick Vujicic atau dijuluki dengan "no hands no legs no worries" yang mempunyai organisasi niralaba Life without limbs ,umurnya 25 tahun,tinggal di Australia, terlahir cacat fisik berasal dari keturunan serbia. Awal mengetahui "orang istimewa" ini waktu saya menoton sebuah jaringan TV satelite Arab, dimana mewawancarai Nick Vujicic yang tidak mempunyai kaki dan tangan ini tampil sangat percaya diri, penuh motivasi,dan rasa humor yang sangat tinggi,yang ternyata dengan keterbatasannya itu dia sudah terbang ke lebih dari 17 negara untuk memotivasi mereka yang cacat maupun yang mempunyai fisik sempurna, untuk tidak menyerah pada keadaan, dan tidak ada alasan bagi mereka yang cacat hanya diam pasif menerima belas kasihan dari orang lain,tetapi berbuatlah lebih banyak dengan keterbatasa fisik dengan memaksimalkan potensi diri.



Bagaimana halnya dengan kita,yang mempunyai tubuh yang sempurna dan sehat?


Tentu kita akan malu dengan kondisi fisik yang lengkap dan sehat kita masih saja putus asa dan menyerah dalam menghadapi hidup ini,kita menyerah sebelum memaksimalkan potensi dan tidak mensyukuri pemberian Allah pada kita.

Di indonesia sendiri kita bisa melihat contoh yang kondisinya mirip Nick ini,namanya Habibie Afsyah yang dengan keterbatasan fisik yang hanya mengandalkan kursi roda untuk menopang aktifitas nya dia terus berusaha dari kamarnya, dia terus memaksimalkan potensinya ,siapa sangka yang pada akhirnya dia mampu menghasilkan 5000 dollar per bulan dari internet marketing,dia bisa menghidupi diri bahkan kelurganya dengan pendapatannya ini, mengenai detail tentang sosok ini silahkan baca penuturan ibu habibie.

Mudah - mudahan gambaran singkat tentang Nick yang diperjelas dengan gambaran video nya , dan juga Habibie yang pantang menyerah bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk lebih banyak bersyukur,lebih meningkatkan potensi diri dan tidak mudah putus asa dalam menggapai tujuan - tujuan untuk kemaslahatan hidup.