Tuesday, October 23, 2007

PELUANG BISNIS DIMANA-MANA....



Beberapa hari yang lalu disaat waktu santai perhatian saya tiba tiba terfokus pada salah satu acara televisi satelite Saudi Arabia ,Di program televisi tersebut rupanya ada acara yang mirip dengan program televisi yang menyiarkan tentang bisnis kewirausahaan seperti di indonesia, uniknya dari televisi ini dilakukan liputan langsung /LIVE dan spontan dari tempat sang entrepreneur sedang melakukan bisnisnya,bisnis yang ditayangkan pun umumnya unik- unik dan lebih terfokus pada usaha kecil dan menengah.

Dari sekian tayangan,saya sangat tertarik pada bisnis ice cream yang dilakukan anak-anak muda disana yang hanya berjualan beberapa jam saja,tetapi hasilnya luar biasa... loh kok bisa?


Bisnis Ice cream sendiri kalau di indonesia bukanlah hal yang baru dan sudah banyak sekali pelakunya,cuman ada bedanya dengan apa yang dilakukan anak-anak muda saudi disana,mereka rupanya menjualnya dengan mengunakan " Ice Cream truck" yang mereka punyai sendiri dengan mendesign mobil tua mereka menjadi mobile penjual ice cream yang nyaman, ada juga yang beli langsung (build up),ada juga yang sewa pada perusahaan yang menyediakan khusus mobil penjual ice cream (ice cream truck), Dengan mobil tersebut dengan mudah mereka meng akses pusat-pusat keramaian dan menjual eceran ice creamnya disana pantas saja kalau dagangannya cepat habis.


Dari hasil wawancara yang dilakukan televisi Saudi dengan anak2 muda penjual ice cream itu rata2 mereka mendapatkan keuntungan bersih per hari yang hanya jualan sekitar 4-5 jam saja,mereka mengantongi 720 real - 960 real kalau dirupiahkan sekitar 1,8 juta - 2,4 juta rupiah, dengan keuntungan seperti itu untuk ukuran daerah arab sendiri termasuk besar.


Nah sekarang pertanyaannya adalah, Bagaimana kalau ide ini kita terapkan di indonesia?..,saya lihat kalau di negara kita jualan Ice Cream eceran dengan mobil ini masih belum banyak pemainya, malah saya belum lihat walaupun di jakarta, yang sudah saya lihat berjualan eceran dengan menggunakan mobil ini baru seperti penjual roti, warteg dan perabotan rumah.


Mungkin teman blogger lain punya informasi peluang usaha dan pengalaman dari negara tempat anda tinggal sekarang? Tidak ada salahnya kalu info itu disebarkan , kalau kita punya keterbatasan waktu,jarak seperti sekarang dan tidak bisa merealisasikan ide tersebut, siapa tahu pembaca blog kita yang take actionya dalam merelisasikanya....semoga dunia kewirausahaan di negara kita terus maju dan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak banyaknya.


Selamat mencoba.....semoga bermanfaat.

4 comments:

Yogi said...

Assalamualaikum wrwb
Setuju Pak Fajri.Peluang Bisnis memang ada di mana-mana, kalau kita mau mencarinya.
semoga saya juga berjodoh dengan usaha yang sedang saya persiapkan

*Fajri Salim* said...

Waalaikumsalam.wr.wb betul pak, kadang kita sudah mempunyai syarat materi seperti uang sebagai modal,tempat,dan peluang itu sendiri, tetapi "miskin keberanian" dalam memulai dan mengambil suatu peluang , akhirnya peluang yang berserakan dimana-mana itu luput dari kita, semoga pak yogi berjodoh dengan peluang yang di incarnya, semoga sukses selalu..

gOeN said...

Pak Fajri,

kalo yang berjualan es krim di jakarta juga mulai banyak, mereka menggunakan mobil bak terbuka kemudan jualan ice cream cone kayak yang di mc donald. biasanya ada di sekitar sekolahan...

Yang menarik adalah sekarang saya liat ada es air tebu. sepanjang jalan basuki rahmat ada sekitar 3 gerobak yang menjual es tebu. di jatiwaringin juga ada. mungkin total gerobak sekitar 10 gerobakyang tersebar di berabgai lokasi. subhanallah dari sampah nya yang menumpuk saya rasa mereka bisa menghabiskan 100 gelas satu hari apalagi saat bulan puasa kemarin, kalo 100 gelas dikali 10 gerobak berarti 1000 gelas di kali 5000 rupiah berarti pemasukan mereka 5 juta satu hari

FUntastic

*Fajri Salim* said...

wah..info menarik pak goen, mungkin di jakarta sekarang sudah mulai mencari minuman yang unik dan bebas kimia dan mulai jenuh dengan makanan dan minuman ala barat, apa betul gitu ya?...,btw air tebu tadi..mempunyai kelebihan sedikit kadar kimianyai,mm saya juga yakin pak goen di jakarta bisnis makanan sekarang mulai melirik menu tradisional,seperti sunda ,masakan padang, jawa dengan gudeknya dsb....salam fuuntastic pak.