Sunday, July 1, 2007

Ternyata saya sangat kaya...

Kita sekarang ini hidup di era modern serba canggih,serba cepat,akurat dan mudah Dengan bantuan teknologi.Maka banyak kita jumpai selogan "Teknologi menjadikan mudah hidup anda" ada juga akan enemukan slogan2 sejenis lainnya "Teknologi membuat hidup lebih nyaman" dsb.....Semua slogan itu tentu saja kita bisa kita terima dan membenarkannya, karena memang pada kenyataannya demikian, sebagai contoh bagaimana hidup dan tinggal dalam ruangan tertutup dengan iklim yang panas seperti timur tengah tanpa AC , panas dan gerah seperti jakarta,naik mobil kejebak macet yang penuh polusi di terik matahari...kebayang tidak bagaimana jadinya kalau mobil kita tak ada pendingin tentu sangat tidak nyaman yang juga akan berpengaruh pada emosi kita yang pada akhirnya marah2,ngomel dsb minimal ngedumel...itu contoh kecilnya,yang lainnya dalam transportasi dulu orang kalau mau pergi ber haji ke tanah suci naik kapal laut yang menempuh waktu sekitar 6 bulan tentu membutuhkan perjuangan yang tidak ringan dalam menempuhnya, semua itu bisa dipangkas waktunya berpuluh2 kali bahkan ratusan kali dengan kehadiran pesawat terbang yang hanya membutuhkan 9-10 jam saja dengan penerbangan langsung,... "memang dunia tidak selebar daun kelor" tapi dunia sekarang lebih kecil dengan kehadiran teknologi.

Kehadiran teknologi yang di hadirkan oleh ilmuan ilmuan brilian tidak hanya pada bidang itu saja,sangat luas dan banyak memang kalau kita sebutkan,tapi teknologi di bidang kesehatan menurut saya sangat menarik untuk disimak karena semakin kita mengenal teknologi itu semakin tambah rasa syukur kita pada allah yang telah memberi jasad dan ruh kita ini...mungkin anda pernah mendengar adanya; jantung buatan,tangan buatan,kaki,transplantasi ginjal,gigi buatan sampai pada wig (rambut palsu) dan sebagainya, kenapa semua alat/benda2 itu hadir? tujuannya adalah untuk mempertahankan hidup,harga diri,atau tujuan kosmetik. Apapapun alasannya yang jelas semuanya akan bermuara pada tujuan umum yaitu mempertahankan fungsi tubuh, untuk mempertahankan fungsi inilah orang yang super kaya sampai yang kelas biasa rela mengeluarkan biaya walaupun termasuk sangat mahal...sebagai ilustrasi ada kisah seorang yang putus asa atas dirinya yang punya kehidupan ekonomi yang miskin... kebetulan orang ini bertanya pada orang yang bijak..

Orang miskin: "Tuhan ngak adil aku dilahirkan dan hidupku dalam keadaan miskin sementara orang disekitarku penuh gelimang kekayaan hidup mereka serba mudah dan penuh kesenangan"

Orang bijak : mmm ... anda punya apa yang bisa anda jual ke saya nanti saya beli.

Orang miskin : Sudah saya katakan saya orang miskin,ngak punya apa2.

Orang bijak ; Kalau gitu jualah tanganmu pada saya, saya akan beli dengan harga 100juta rupiah.kalu jantung dan ginjal lebih mahal lagi....

Orang miskin : enggak bisa pak,! bagaimana jadinya saya kalau ngak punya tangan?.

Orang Bijak : kalau gitu satu jarimu saja saya beli 50 juta.

Orang miskin :Pokoknya saya ngak mau jual apapun yang merupakan bagian dari tubuhku dengan harga berapapun..!

Orang bijak : Tadi anda mengeluh pada tuhan...bahwa tuhan berlaku tidak adil pada anda dengan diberikan hidup dalam keadaan miskin,...sekarang anggota tubuh anda saya tawar dengan puluhan juta bahkan ratusan juta tapi anda tetap tidak menjualnya...apakah anda tidak menyadari bahwa anda itu kaya?...kekayaan yang paling utama adalah diri anda sendiri,kesehatan.Apakah anda tidak tahu banyak orang yang kaya harta jatuh miskin karena hartanya habis untuk berobat,cuci darah,bahkan oprasi cangkok jantung dan ginjal...? jadi syukurilah tubuh anda,kesehatan anda dan jiwa anda karena itulah aset yang tak ternilai harganya.

Orang miskin: Allhamdulillah...terimakasih pak...ternyata saya sangat kaya.

Dialog diatas adalah ilustrasi yang disarikan dari kehidupan nyata,yang ditemukan dari penderita penyakit gagal organ seperti ginjal dan sebagainya,mereka yang menderita gagal ginjal selama hidupnya harus melakukan cuci darah untuk mempertahankan hidup, cara lainnya adalah dengan transplantasi ginjal caranya: ginjal di ambil dari orang lain yang bersedia di jadikan donor atau didapat dengan cara membeli ginjal dari orang sehat dengan cara melakukan oprasi transplantasi ginjal pada rumah sakit khusus yang tentunya sebelum dan sesudah oprasi dilakukan test lab,test diagnostic dan pengobatan dan monitor yang ketat. dinegara2 berkembang seperti,philipina,pakistan,india,egypt bahkan di kuwait sekalipun sudah jadi rahasia umum bahwa ada yang namanya perdagangan organ ginjal walaupun dilakukan suka-sama suka,mereka yang mau jual satu buah organ ginjalnya umumnya karena masalah ekonomi. (karena manusia itu diberikan allah 2 buah ginjal kiri dan kanan).Kalau satu bagian ginjal di ambil manusia masih bisa beraktifitas normal walaupun tentu saja tidak s maksimal kalau mempunyai 2 ginjal.

Semoga tulisan ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk lebih mensyukuri nikmat allah yang tak terhingga yaitu jasmani dan rohani kita yang merupakan "kekayaan diri" pemberian dari allah yang maha kaya......

"Hai manusia,ingatlah akan ni'mat allah kepadamu. Adakah pencipta selain allah yang dapat memberikan rezki kepada kamu dari langit dan bumi? tidak ada Tuhan yang berhak disembah selai Dia, maka mengapakah kamu berpaling?" (QS;faathir:3)

No comments: