Wednesday, August 29, 2007

* HATI-HATI BERINVESTASI DI PROPERTY *

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Apa kabar para pembaca sekalian? semoga kebahagiaan dan kesuksesan selalu menyertai anda semua,sudah lama rasanya tidak menulis di blog lagi,yang biasanya posting rutin 2 kali dalam seminggu maklum kalu tiap hari masih belum sanggup rasanya mungkin jiwa menulis masih belum menjadi darah daging, masalah para blogger tidak akan jauh2 pasti semuanya maklum, seperti masalah di koneksi internet ,komputer diserang virus, ataupun masalah teknis lainnya.kalaupun bukan karena masalah diatas mungkin karena sibuk ...he..he.. yang terakhir ini mungkin alasan klise...tapi jawabannya tergantung kita masing2.

Jujur saja memang saya sendiri belum termasuk yang belum bisa mendisiplinkan diri dalam menulis.

Posting kali ini saya mengambil judal yang "antagonis" tentang property kalau sebelumya tentang potensi,peluang dan hal-hal lain yang sangat menggiurkan dalam ber investasi.tapi bukan berarti dalam hal ini suatu kemunduran,atau property tidak menjanjikan lagi? tapi dalam melihat sesuatu kita harus balance tujuannya supaya tidak terjerumus oleh obsesi kesuksesan... kok bisa?

Perlu diingat setiap investasi apapun pasti ada unsur potensi (keuntungan) dan amputasi (kerugian/bangkrut) termasuk dalam bisnis ada untung dan rugi.

Semua itu masih wajar,kalu kita hanya membicarakan kesuksesan dalam investasi saja tanpa potensi kerugiannya maka kita tidak akan bisa mengenali kegagalan investasi yang akan kita hadapi,sebelum itu kita alami maka kita harus pelajari tips,pengalaman,kisah kisah yang orang yang sukses dan tidak sukses/belum beruntung.

Investasi dalam property seperti rumah,apartement,kios,ruko atau sejenisnya tidak diragukan lagi adalah merupakan kendaraan investasi yang menguntungkan.Tapi....semua itupun bisa berbalik menjadi sangat merugikan ibarat pisau bermata dua....Ok akan saya kasih contoh real nya menurut pengalaman saya dan juga untuk pengalaman lainnya anda bisa lihat di blog pak paif.

Investasi di property yang harus berhati -hati bahakan perlu extra hati-hati yaitu pada jenis property yang masih belum jadi, dalam tahap pembangunan (baru) ataupun masih dalam wujud maket,atau gambar. Contohnya saja kios yang banyak ditawarkan oleh beberapa pengembang yang berjamuran di jakarta dan sekitarnya seperti banyaknya trade center dan mall-mall megah yang menawarkan unit-unit kiosnya.

Kadang iklan yang bombastis,penawaran potensi oleh team marketing,prospek2 masa depan,kemegahan bangunan yang tertuang dalam brosur yang didukung bahasa marketing yang handal sering "membius" kita yang pada akhirnya kita membeli tanpa pertimbangan bahkan tanpa rencana sebelumnya sehingga pas mulai deal dan memilih lokasi kita mulai kebingungan dan memilih lokasi dalam keadaan ragu-ragu,dan anda akan bertanya dalam hati mm...lokasi ini kira-kira rame tidak ya?,prospektif tidak ya? ahirnya kita melihat maket bangunan berulang-ulang dan cenderung tidak tetap pendirian dalam memilih...ini dilemanya berinvestasi pada property baru....kalau anda termasuk orang yang tepat,punya pengalaman sebelumnya dalam investasi dalam jenis ini dan didukung oleh cash flow yang cukup maka efek kerugian bisa diminimalkan. Tapi bagi anda yang baru pertama kali dan baru akan investasi di property sebaiknya pilih property yang sudah jadi, lingkugunganya sudah terbentuk kalau lebih baik lagi yang sudah berjalan. karena kenapa? karena nantinya berimbas pada aliran cashflow anda.

Kalau anda memilih lokasi yang tepat dan pada grand opening dan hari2 berikutnya kios anda ramai,maka ini menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Tapi pas ternyata setelah gedung jadi 100% dan kios2 sudah ber oprasi tapi sepi pengunjung..maka disini masalahnya karena anda harus bayar cicilan,service charge bahkan susah mencari penyewa kalau mau disawakan sekalipun,nah kalau hal ini tidak didukung cashflow atau modal keuangan yang cukup anda bisa collaps.dan berimbas pada hutang dan sebagainya,maka berhati-hatilah untuk investasi di property jenis ini.

Untuk meminimalkan Resiko investasi ada beberapa tips yang harus anda ingat:

1.Jangan ikut2an dalam berinvestasi tapi harus disesuaikan dengan kemampuan anda saat ini (cash flow).alangkah baiknya pelajari dulu hal2 yang ada hubungannya dengan property yang akan anda beli.ini untuk jaga2 kalau investasi property kita tidak tidak menghasilkan cash flow positif.

2. Untuk pemula (pertama kali investasi) belilah property yang sudah ada bangunanya lebih baik lagi yang sudah berjalan(ada penyewanya) istilah lainnya menghasilkan uang ketika anda membeli,jangan beli maket atau gambar.kecuali anda punya modal yang kuat,atau kalau masih nekat untuk invest di mall belilah kios di lantai dasar,dekat pintu utama,dekat elevator dan ambil posisi sebelah kanan dari pintu utama (karena pengunjung mall cenderung berjalan kesebelah kanan dahulu). kalau bisa anda lah orang pertama yang memilih lokasi di tempat itu.

3. Jangan membeli karena tertarik property nya tapi transaksinya (dolf de roos)

4. Sebelum anda membeli property baru maka jangan lupa untuk mengetahui developer nya dan track recordnya. karena untuk di jakarta sendiri anda bisa lihat bayak proyek yang terbengkalai dan uang yang sudah masuk dari calon pembeli sangat susah untuk dikembalikan kembali dan cenderung hangus. tanpa pertanggung jawaban.

5. Property second atau yang sudah berwujud bangunannya lebih mudah untuk mengenali prospek keuntungannya,makanya tidak heran para investor property lebih banyak bermain di property jenis ini disamping mendapatkan keuntungan dari harga miring harga dibawah NJOP, juga lebih pasti dalam mendapatkan cashflow terutama pada property dalam status ada penyewanya.

6. Property baru seperti pada kios,mall,apartement,Rumah dsb disamping punya kekurangan juga punya kelebihan kalu memang anda mendapatkan,lokasi,kualitas,developer yang tepat ,karena property baru pada saat dibangun umumnya dijual dengan harga murah dan cenderung melonjak dengan cepat saat fasilitas,sarana pendukung serta lingkungan sekitarnya sudah berjalan dan ramai.

Untuk saran ,coment ,dan sharing pengalaman invest dalam property saya persilahkan...., Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat meminimalkan resiko kerugian dalam berinvestasi.......salam sukses selalu..

2 comments:

Doni Afrizal said...

inspiring blog..

Gimana caranya mengetahui properti second itu harga jualnya murah ya? yg hasilkan cashflow positif? pake NJOP ya pak?

medik said...

Betul Pak doni,saya patokannya NJOP dan juga dengan teori umum yang dipakai orang banyak dengan survey harga sekitar,setidaknya itu yang pernah saya lakukan untuk beli Ruko di PD gede jakarta timur. trims